Halaman

Berbagi Informasi dan tutorial Blogspot, Wordpress, Mywapblog

Kamis, 03 April 2014

Sejarah Singkat Blog

Google Ads

Sejarah Singkat Blog



Sejarah BlogSejarah Singkat Blog - Sebelum kita membahas tentang Sejarah Blog, ada baiknya kamu mengetahui tentang Pengertian Blog terlebih dahulu. Blog modern yang seperti kita kenal saat ini, ternyata memiliki sejarah yang sangat panjang. Perkembangan blog dari tahun ke tahun semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya website maupun halaman yang saling berhubungan satu sama lain begitu pula saling bertukar komentar hingga semakin meningkatkan komunitas blog. Dari situlah blog sekarang sudah berkembang seperti yang kita lihat dan pakai saat ini.

Pada tahun 1992, Tim Berners-Lee, penggagas the World Wide Web, untuk pertama kalinya memposting pada halaman web di CERN (European Organization for Nuclear Research) yang kemudian terus berkembang menjadi sebuah daftar semua website online baru.

NCSA (Pusat Supercomputing Aplikasi Nasional) mulai memiliki dan mengumpulkan daftar situs-situs baru pada Juni 1993. Terutama situs penyedia entri yang disusun berdasarkan tanggal dan link-link baru termasuk komentar-komentar. Layanan ini akhirnya diambil alih oleh Netscape yang kemudian menjadi situs web yang sangat lebih populer pada masanya.

Blog pertama yang ada di internet kemungkinan besar adalah "what's new" pada browser mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic merupakan browser pertama sebelum Intenet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada januari 1994 melalui website pribadinya Justin Hall yang berjudul "Justin's Home Page" yang kemudian diubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin bisa disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal saat ini.

Kemudia pada 10 januari 1996, Justin Hall mulai menulis jurnal online setiap hari. Pada saat itu postingannya baru terhubung dengan index page. Dalam jurnalnya Justin Hall menulis tentang kesehariannya seperti  sebelum dia tidur, permasalahan yang dialaminya, dan dia juga menulis sedikit tentang apa yang telah memberikan dirinya suatu pelajaran dan cara meghadapinya.

Pada pebruari 1996, winer menulis sebuah blog yang bertemakan 24 Jam Proyeksi Demokrasi. Baru kemudian pada bulan aprilnya, winer meluncurkan sebuah web page baru yang diperuntukan bagi pengguna Software Frontier yang berkembang menjadi Scripting News di tahun 1997, yang merupakan salah salah satu web blog tertua yang masih ada di internet sampai saat ini. Perusahaan tersebut kemudian merilis Radio Userland, yaitu salah satu software bloging yang pertama.

Setelah Jhon Barger memperkenalkan ketentuan-ketentuan weblog menjadi syarat penggunaan yang populer tepatnya pada bulan Desember 1977. Blogging seperti yang kita kenal mulai terus ditingkatkan dan dibangun. Ini merupakan sejarah blog yang penting bagi perkembangannya.

Pada bulan November 1998, Cameron Barrett mempublikasikan daftar blog pertamanya di Camworld.

Pada tahun 1998, jumlah blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan oleh masih sedikitnya pengetahuan tentang keahlian dan pengetahuan khusus tentang website, Html, dan web hosting untuk membuat blog, sehingga pada saat itu hanya mereka yang menekuni bidang Internet, System Administrator atau Web Designer saja yang bisa membangun blog mereka sendiri.

Pada agustus 1999, Pyra Labs untuk pertama kalinya meluncurkan media blog yang paling populer yaitu blogger.com. Pada akhir tahun 2002 akhirnya Pyra Labs di beli oleh google, semenjak itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada para penulis blog pada saat itu. Setelah itu mulailah bermunculan layanan blog seperti Pitas dan Groksoup.

Setelah 12 bulan, blogging mulai mendunia, seiring populernya layanan blog, perusahaan-perusahaan banyak bermunculan begitu juga perlalatan blogging yang membuat ngeblog menjadi lebih mudah. Sampai saat ini blog menjadi mudah di operasikan dan tidak membutuhkan keahlian programer untuk menjadi seorang blogger.
Google Ads
Facebook Twitter Google+

 
Back To Top